Selamat Datang Pengunjung Maria, Silahkan Baca Artikel Serta Berita yang unik dan bermanfaat. Terima kasih :)

Posisi Bangun Tidur Yang kurang Tepat Dapat Mempengaruhi Nyeri Pinggang

Posisi Bangun Tidur yang Kurang Tepat Bisa Memperparah Nyeri Pinggang
Jakarta, Nyeri pinggang bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor misalnya kebiasaan mengangkat barang yang tidak tepat, sering membungkuk, atau adanya penyakit penyerta seperti asam urat dan kolesterol. Tapi
jangan salah karena nyeri pinggang bisa diperparah akibat kebiasaan bangun tidur yang tidak tepat.

Umumnya, saat beranjak dari posisi tidur, seseorang dari posisi tubuh telentang langsung bangun begitu saja. Pada orang yang sudah memiliki keluhan nyeri pinggang, posisi bangun tidur yang tidak tepat bisa memperparah keradaan.

"Baiknya miring dulu terus lutu ditekuk sedikit. Baru kemudian bangun dari tempat tidur. Pada orang yang sudah ada keluhan nyeri pinggang, bisa makin parah," kata dr Ferius Soewito, SpKFR, QWP usai Press Conference Flex Free Musculoskeletal Rehabilitation Clinic di Hotel Akmani, Jl KH Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Selasa (9/6/2015).


Maka dari itu, bagi orang yang memiliki keluhan nyeri pinggang, akan diberi edukasi, salah satunya bagaimana cara bangun tidur yang benar. Namun, dr Feri menegaskan, pada orang yang tidak memiliki keluhan nyeri pinggang, posisi langsung bangun tidur begitu saja tanpa memiringkan tubuh boleh saja dilakukan.

Tapi, akan lebih baik jika mulai dibiasakan bangun tidur dengan posisi yang tepat. Posisi bangun tidur yang tepat ditujukan untuk menjaga keselarasan tulang belakag. Pada prinsipnya, lanjut dr Feri, posisi bangun tidur serupa dengan posisi saat orang membungkuk untuk menggendong anak atau mengambil barang. Bukannya membungkukkan badan lalu mengangkat beban, posisi yang tepat yakni menurunkan badan dengan posisi tetap tegak, baru mengangkat beban dan kembali berdiri.

"Cuma kalau menggendong anak atau angkat barang kan kita bawa beban. Kalau tidur langsung bangun kan nggak ada beban berat. Patut diingat bukan berarti sering bangun tidur dengan posisi tidak tepat bisa cetuskan nyeri pinggang karena nyeri pinggang sendiri dipengaruhi berbagai faktor. Tapi, kalau dah ada masalah nyeri pinggang harus benar posisi tidurnya," pesan dr Feri.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Posisi Bangun Tidur Yang kurang Tepat Dapat Mempengaruhi Nyeri Pinggang"

Maria chen. Powered by Blogger.